Senin, 28 Januari 2013

Relay

Relay

Relay
       Relay adalah komponen elektronika berupa saklar elektronik yang digerakkan oleh arus listrik. Relay adalah sebuah saklar elekronis yang dapat dikendalikan dari membutuhkan tegangan masukan (VDC) untuk dapat mengoprasikan kumparan.
1.  Common
rangkaian elektronik lainnya. Relay terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:
2. Koil (kumparan)
Merupakan komponen utama relay yang digunakan untuk menciptakan medan magnet.
3. Input
Input merupakan bagian control relay. Relay
Common merupakan bagian keluaran relay yang tersambung dengan Normally Closed (NC) dalam keadaan normal.
4.  Normally Closed (NC)
Normally Closed (NC) merupakan bagian sakelar relay yang dalam keadaan normal (relay tidak diberi tegangan) terhubung dengan common.
5.  Normally Open (NO)
Normally Open (NO) merupakan bagian sakelar relay yang dalam keadaan normal (relay tidak diberi tegangan) tidak terhubung dengan common. Tetapi Normally Open akan terhubung dengan common apabila relay diberi tegangan. 

Simbol Relay

Simbol Relay Spdt

 Cara Kerja Relay

Relay dapat bekerja karena adanya medan magnet yang digunakan untuk menggerakkan saklar. Saat kumparan diberikan tegangan sebesar tegangan kerja relay maka akan timbul medan magnet pada kumparan karena adanya arus yang mengalir pada lilitan kawat. Kumparan yang bersifat sebagai elektromagnet ini kemudian akan menarik saklar dari kontak NC ke kontak NO. Jika tegangan pada kumparan dimatikan maka medan magnet pada kumparan akan hilang sehingga pegas akan menarik saklar ke kontak NC.

1 komentar: